Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu

Jika kamu sudah memiliki mechanical keyboard, terkadang kamu akan bosan dengan penampilan keycaps kamu yang hanya begitu-begitu saja, keycaps bawaan dari keyboard memang terasa standar dalam pandangan sebagian orang. Oleh karena itu banyak para penggila mechanical keyboard yang membeli set keycaps lain untuk mempercantik keyboard mereka. Harga satu set keycaps pun bervariasi, mulai dari 100 ribuan hingga jutaan rupiah.

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id

Memilih keycaps untuk keyboard memang tergantung selera sang pemilik, ada yang menyukai keycaps set warna warni, ada yang menyukai keycaps set dengan 2 colors tone, bahkan ada juga yang menyukai keycaps set dengan satu warna. Semua kembali kepada selera masing-masing, bagaimana kamu ingin menampilkan sisi indah keyboard menurut pandangan kamu sendiri.

Berikut Saya Berikan Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu.


GMK

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id gmk red samurai
Contoh keycaps set GMK - GMK Red Samurai

Keycaps GMK sangat mahal karena kualitasnya sangat tinggi. Keycaps GMK agak bertekstur dan tidak seperti keycaps OEM lainnya yang dibuat dengan murah, tidak terasa enak, dan akhirnya terasa lebih buruk daripada yang sudah dibuat sebelumnya. Berbeda jauh dengan Keycaps GMK, dimana keycaps ini terlihat tebal, memiliki warna yang tajam, Keycaps GMK tetap keren meskipun sudah dalam kondisi shiny, Keycaps GMK juga terbuat menggunakan bahan ABS kualitas terbaik.

JTK

JTK bercita-cita menciptakan keycaps doubleshot dan tripleshot dengan kualitas tinggi untuk keyboard dengan kustomisasi yang fleksibel dan harga yang wajar. Setelah beberapa tahun pengembangan, JTK telah mendapatkan cukup pengalaman dan kemampuan untuk menghasilkan berbagai set keycaps doubleshot.

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id JTK aqua
Contoh keycaps set JTK - JTK Aqua

Sejarah Perusahaan JTK :
  • Tahun 2013 - JTK Berdiri
  • Tahun 2014 - JTK merilis keycaps set pertamanya
  • Tahun 2019 - JTK menyelesaikan tripleshot keycaps set pertamanya
  • Tahun 2019 - JTK merilis profil doubleshot yang baru
  • Tahun 2014 hingga sekarang - JTK terus meningkatkan kualitas produknya dan terus berkembang serta semakin terkenal

Keyreative

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id keyreative blank mint
Contoh keycaps set Keyreative - Keyreative Blank Mint

Keyreative telah membuat berbagai jenis keycaps set, termasuk keycaps laser-etching, keycaps dyesubbed, keycaps resin, dan keycaps GID (glow in the dark). Keyreative terkenal karena pengalaman desainnya yang luas, seperti yang ditunjukkan pada beragam jenis keycaps gradien mereka.

ePBT

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id epbt
Contoh ePBT - ePBT Japanese
ePBT atau enjoyPBT salah satu jenis keycaps yang saya sukai, baik dari segi warna, layout yang disediakan, kualitas keycaps, kualitas legend, suara, dan perasaan nyaman saat mengetik saat menggunakan enjoyPBT. Kamu bisa menemukan enjoyPBT di KBDFans. KBDFans adalah suatu website yang menjual apapun tentang mechanical keyboards, KBDFans memiliki komunikasi yang sangat baik sehingga saya tidak ragu merekomendasikan mereka kepada siapapun yang memiliki hobi ini.

DSA

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id dsa
Contoh keycaps set DSA - Star Wars Galactic Empire DSA

Keycaps DSA-family berbentuk agak bulat dengan ketinggian sedang yang dibuat oleh Signature Plastics. "DSA" menunjukkan ketinggian standar DIN (DIN-compliant mengacu pada desain switch dan keyboard yang sesuai dengan standar ergonomi tempat kerja Jerman yang diyakini telah diperkenalkan pada awal 1980-an), area sentuh bulat, dan profil keycaps yang sama di semua barisnya. DSA adalah keluarga keycaps yang sesuai dengan DIN kedua dari Comptec setelah keluarga DSS yang gagal, dan diikuti segera setelahnya yaitu DCS.

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id dsa flat
DSA-family memiliki bentuk datar dan keycapsnya memiliki ketinggian yang sama.

SA

Contoh keycaps set SA - SA Nuclear

Keycaps SA-family berbentuk agak bulat yang ditawarkan oleh Signature Plastics. "SA" memiliki profil yang sama di semua baris. Awalnya profil datar, SA diikuti oleh profil SS berbentuk bulat, yang kemudian telah tidak ada. SA itu sendiri kemudian diperhalus untuk profil pahatan, tetapi mempertahankan nama yang sudah ada.

Menurut Signature Plastics, keycaps SA ini awalnya dibuat agar sesuai dengan keyboard yang dibuat sebelum 1980. Saat ini, keycaps SA-family memiliki set spasi yang berukuran 4, 6.25, 7 dan 8 yang paling banyak digunakan saat itu.

XDA

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id xda
Contoh keycaps set XDA

Saat mechanical keyboard mulai menjadi lebih populer, beberapa profil keycaps baru mulai dikembangkan. keyclack.com membuka groupbuy dan memperkenalkan profil keycaps baru yaitu XDA. Profil keycaps ini mengikuti banyak kemiripan dengan keycaps Cherry M8, namun, ditawarkan dalam MX stem. Ini dibuat oleh MZ, pembuat ZZ96.

Keycaps XDA terbuat dari PBT, dan lebih bertekstur daripada DSA PBT & EnjoyPBT

KAT

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id kat
Contoh keycaps set KAT - KAT Alpha Keycap Set

KAT adalah set profil keycaps PBT yang sangat halus, KAT mencakup estetika klasik keycaps berbentuk bulat dan menggabungkan ergonomi keycaps profil Cherry.

Tai-hao

Daftar Rekomendasi Keycaps Untuk Mechanical Keyboardmu - adjie.id taihao
Contoh keycaps set Tai-Hao - Tai-Hao Miami

Jika kamu memiliki budget yang kurang untuk membeli jenis keycaps di atas, mungkin kamu bisa mencoba membeli keycaps Tai Hao. keycaps Tai Hao kini memiliki beragam model warna yang menarik dengan harga terjangkau. Kamu bisa memilih bahan ABS atau PBT untuk keycaps yang kamu inginkan. Keycaps ini mudah didapatkan di marketplace lokal seperti tokopedia, bukalapak ataupun shopee.

Yang mana keycaps set pilihanmu ?

Sesuaikan budgetmu untuk semua keycaps di atas, ada harga tentu ada kualitas. Namun harga yang termurah bukan berarti kualitasnya buruk. Semuanya tergantung pemakaian kamu dan cara merawat kamu. Lebih baik menyesal membeli daripada menyesal tidak beli.
Load comments