Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard

Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard

Mechanical keyboard tidak hanya menawarkan sisi kenyamanan saja bagi penggunanya, namun juga keindahan yang tidak terbatas oleh sang penggunanya. Pengguna mechanical keyboard bisa menampilkan keyboardnya dengan berbagai hiasan seperti lampu led rgb maupun single color, keycaps yang unik, artisan limited edition, casing kokoh yang terbuat dari alumunium dan kreatifitas lainnya.

Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard - adjie.id

Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard Mudah dan Simpel

Kali ini saya akan memberikan Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard, Tutorial ini merupakan tutorial yang didapatkan dari forum kaskus yang dibuat oleh username jokrik89.

Ini adalah petunjuk dasar dan sederhana bagi para pemilik mechanical keyboards yang ingin merubah warna case keyboardnya.

Perlu diingat bahwa sebagian besar stiker garansi pada sebuah mechanical keyboard terletak di screw/mur yang wajib dibuka, sedangkan jika screw/mur tersebut dibuka maka hal tersebut akan menyebabkan sticker garansi rusak, hal tersebut otomatis akan membuat garansi yang kamu miliki menjadi hilang. Jadi lakukanlah matang-matang sebelum melakukan ini dan mempertimbangkan resikonya.

Tutorial ini sudah disesuaikan dengan keadaan, kondisi dan ketersediaan alat di Indonesia. Banyak tutorial dari luar negeri yang bisa kamu lihat sebagai tambahan untuk pengetahuan dasar, rujukan dan inspirasi. Namun cat/paint yang mereka pakai disana sangat beragam dan terjangkau, berbeda dengan di Indonesia.

Pada dasarnya mengecat casing keyboard sangat mudah dan sederhana. Mencoba dan gagal adalah hal yang biasa dalam belajar. Berbagai faktor harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil seperti yang kamu inginkan seperti faktor cuaca, jenis cat dan lain-lain. Jadi tidak masalah jika kamu berkali-kali gagal dalam melakukan repaint case mechanical keyboard kamu.

Alat-alat yang harus disiapkan adalah :

1. Amplas

Amplas yang dipakai adalah 600cw-800cw, amplas ini termasuk halus sehingga menghasilkan smooth finished di case.

2. Cat spray

Cat spray sangat beragam, biasanya cat yang dipakai bisa dibeli di ace untuk yang basic saja. Selama ini dari pengalaman setiap cat memiliki karakteristik yang berbeda; ada yang lebih encer, warna lebih pekat, lama pengeringan hingga harga (Disini saya mungkin merekomendasikan salah satu merk cat spray yaitu Samurai, Disamping warnanya beragam dan bagus untuk diaplikasikan, cat ini mudah didapatkan baik di toko online maupun toko fisik.

3. Primer

Primer atau cat dasar sangat penting untuk smooth finished dan durability dari hasil cat. Selalu memakai primer untuk cat bahan apapun, primer juga memiliki berbagai variasi. Untuk keyboard painting gunakan primer untuk plastic atau vinyl.

4. Workspace

Biasakan melakukan painting di areal yang terbuka, tidak berangin dan tidak mendapatkan cahaya matahari langsung. Terbuka agar spray nya tidak terlalu lama dihirup karena tidak sehat, tidak berangin agar spray bisa rata dan cahaya matahari bisa membuat paint tidak kering secara mature.

Langkah-Langkah Pengecatan

Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard - adjie.id

1. Membuka casing keyboard

Skrup yang harus dibuka berbeda-beda untuk setiap keyboard. Keyboard umum contohnya Filco TKL mempunyai 1 skrup saja di posisi tengah. Untuk membuka keyboard dengan contoh seperti Filco TKL yang memiliki system edge lock di casenya direkomendasikan untuk menggunakan sesuatu yang tipis namun tebal seperti kartu ATM yang sudah tidak terpakai.

Bisa dilihat cara nya di menit 4:42


Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard - adjie.id

2. Sanding atau amplas

Selalu cover bagian keyboard yang tidak ingin di cat/di amplas dengan modders tape/selotip , tape/selotip ini sangat umum dan alat yang sangat membantu untuk para modders/painters.

Sangat disarankan agar menggunakan metode “Wet sanding”, wet sanding adalah metode meng-amplas menggunakan cairan yang biasanya adalah air. Singkat nya amplas harus dibasahi dengan air sebelum meng-amplas, dan bila sudah kering harus di basahi lagi. Ulangi hingga seluruh bagian case benar-benar bersih dan rontok dari cat bawaan keyboard.

Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard - adjie.id
Note: Untuk keyboard dari Cooler Master, ada lapisan plastik yang harus di amplas agar cat bisa lengket ke case.

Ingat untuk case yang terbuat dari bahan plastik, jika terjadi over-sanding atau peng-amplasan yang berlebih maka case bisa menjadi tipis. Selama primer/cat dasar digunakan di step berikutnya makan akan dijamin hasil paint akan tetap bagus.

3. Washing

Selalu ingat untuk mencuci case (dengan sabun) setelah sanding untuk menghilangkan debu/partikel yang mengakibatkan cat tidak bisa lengket. Dan case harus dalam keadaan kering sebelum di cat.


Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard - adjie.id

4. Painting

Cover bagian yang tidak ingin di cat dengan modders tape/selotip.

Harus diingat untuk applying spray paint harus layer by layer (tipis) agar hasil memuaskan. Kocok botol spray selama minimal 10 menit, untuk hasil spray yang bagus rendam di air hangat setinggi setengah kaleng selama 2 menit sebelum pemakaian.

Terapkan cat dasar atau primer secara tipis dan merata. Biarkan mengering dan ulangi proses hingga seluruh case berwarna cat dasar. Proses ini bisa diulang 3-4 layers agar cat merata di seluruh case. Ingat setiap paint layer harus di apply secara tipis.

Setelah kering, apply cat yang diinginkan. Perlu diingat bahwa proses ini juga sama seperti diatas. Cat harus di apply secara tipis dan diulang sehingga terdapat 3-5 layer untuk hasil yang memuaskan.

Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard - adjie.id

Ini adalah foto case setelah layer ke lima! Atau final layer.
Tunggu dan biarkan kering hingga minimal 24 jam sebelum di rakit kembali.

Hasil

Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard - adjie.id
Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard - adjie.id
Sebelum
Sesudah
Sekian Tutorial Mengecat Case Mechanical Keyboard Mudah dan Simpel, Jangan takut untuk belajar dan mencoba, karena mungkin kamu akan mengalami beberapa kendala namun hal tersebut akan terlewati seiring pengalaman yang kamu dapatkan. Semoga tutorial di atas dapat dengan mudah kamu ikuti dan membantu kamu untuk lebih meng-kreasikan mechanical keyboard kamu, terutama dalam mengubah warna casing keyboard kamu.
Load comments