Tips dan Trik Serta Persiapan Lengkap Menjadi Calon PNS/ASN

Tips dan Trik Serta Persiapan Lengkap Menjadi Calon PNS/ASN

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) kini sudah menjadi impian banyak orang. Sebelumnya profesi ini kurang diminati oleh masyarakat Indonesia, dikarenakan banyak stigma negatif yang telah melekat terhadap profesi ini.


Kelebihan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) banyak sekali diantaranya sebagai berikut :
  • Bisa melayani Negara dan Bangsa secara langsung
  • Memiliki jenjang karir yang jelas
  • Resiko dari PHK kecil (karena tidak bergantung seperti perusahaan/pabrik yang memiliki sistem produksi)
  • Mendapatkan banyak pelatihan ketrampilan
  • Menurut kabar angin yang berhembus, Profesi ini merupakan impian para mertua dan lawan jenis karena dianggap mapan
  • Dan masih banyak lagi
Sedangkan sebagian stigma negatif menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) diantaranya sebagai berikut :
  • Profesi ini hanya makan gaji buta (Karena melihat PNS jalan-jalan ke Pusat Perbelanjaan ketika jam kerja, PNS main game ketika jam kerja)
  • Memiliki gaji yang dianggap lebih kecil dibandingkan dengan Pegawai Swasta
  • Bosan dengan pekerjaan yang statis
  • Untuk masuk menjadi PNS dibutuhkan sogokan
  • Dan lain-lain

Berikut saya bagikan tips dan trik serta persiapan lengkap menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN).

Niat dan Tekad


Kumpulkan Niat dan Tekad kamu dalam meraih profesi ini, Karena jika memiliki niat dan tekad akan membuat kamu berusaha lebih keras dan lebih teliti dibandingkan jika kamu tidak memiliki kedua hal tersebut.

Mencari Informasi Lowongan Sesuai Kriteria Lowongan dan Bidang yang Dikuasai


Ketika umur masih muda dan memiliki kemampuan yang cukup dalam bidangnya, mulailah mencari informasi lowongan seputar CPNS/CASN di berbagai media, baik media sosial maupun media mainstream seperti koran, televisi, majalah dll. Sesuaikan apa yang dilamar dengan kriteria dan bidang yang kamu miliki/kuasai karena hal ini membantu kamu dalam mencapai tujuan kamu.

Belajar dan Terus Belajar


Belajar itu tidak memiliki akhir, tidak ada salahnya kamu untuk mempelajari hal yang baru dalam hidup kamu. Misalnya belajar mengenai Sejarah Indonesia, Undang-Undang, Pengetahuan Umum seperti IPA, Matematika, Bahasa Asing ataupun Komputer. Selain menambah wawasan kamu, hal tersebut bisa menjadi modal dasar kamu untuk bersaing dengan para pelamar lain. Jika dirasa kamu sudah pernah mempelajari hal tersebut, tidak ada salahnya untuk mempelajarinya lagi, karena hal tersebut membuat kamu makin lancar dan mahir dalam memahami ketrampilan tersebut.

Persiapan Berkas-Berkas Penting


Persiapkanlah berkas-berkas pentingmu, baik itu Ijazah, Kartu Tanda Penduduk (EKTP), Kartu Keluarga (KK) serta berkas lainnya yang dianggap sebagai persyaratan pendaftaran dalam melamar profesi ini, sayang sekali jika ketika pendaftaran ternyata berkas kamu kurang, hal tersebut tentu akan menjegal kamu di awal persiapan menuju impian kamu menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Istirahat yang Cukup serta Pikiran yang Tenang


Jangan habiskan tenaga kamu untuk sesuatu yang sia-sia, pergunakanlah waktumu untuk beristirahat ketika selesai belajar maupun kegiatan lainnya, jangan begadang ketika malam hari karena hal tersebut sangat tidak baik untuk tubuh kamu. Tenangkan pikiran kamu dari stres atau pikiran-pikiran negatif, jangan terlalu memikirkan hal yang tidak penting seperti mantan, bermain game maupun hal lainnya.

Berdoa dan Minta Restu Orang Tua


Berdoa dan minta restu orang tua adalah salah satu langkah terbaik dalam persiapan kamu berjuang menjadi CPNS/CASN karena hal tersebut bisa menjadi faktor penting kamu dalam meraih ini semua.

Jika semua itu telah dijalani, sudah saatnya untuk berikhtiar dalam sabar dan rasa syukur, apapun hasilnya kamu sudah melakukan yang terbaik, semoga hasil usaha kamu dan restu orang disekitar kamu menjadi jalan kesuksesan kamu dalam meraih impian kamu menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN), sisanya adalah keberuntungan yang akan menentukan hasilnya.


Load comments